WAJIB TAHU! Apa saja yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan value bisnis kamu!
19.43.00Pemasaran adalah sebuah proses yang membuat seseorang mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui hasil dari menawarkan produk kepada pihak lain berupa barang/jasa. Hal terpenting dalam sebuah marketing adalah bukan hanya sales/penjualan, tapi juga value/brand awareness. Untuk membangun sebuah marketing UKM, perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
1. 1. Understanding Product.
Paham
tentang produk dan servicenya.
Memformulasikan produk yang akan dijual dalam satu kalimat yang menarik.
Mengetahui
kompetitive advantage.
Mengetahui kelebihan produk yang menjadi sebuah karakter dibandingkan pesaing.
2. 2. Pasar yang Tepat.
Pasar adalah faktor utama bisnis, penentuan
pasar yang tepat bisa ditentukan melalui hal-hal berikut; Kompetisi Pesaing, Mengerti pasar, Membaca peluang, dan Pemilihan Lokasi.
3. 3. Defining personal customer.
Segmenting. Membagi konsumen menjadi beberapa
segmen berdasarkan personal customer (profesi, umur, interest, hobi, dan
motivasi).
Targeting. Setelah mengetahui segmen, maka
tentukan target yang dipilih agar tidak boros cost.
Positioning. Memposisikan UKM ke konsumen seperti
apa. Ingin dikenal sebagai UKM yang seperti apa. Misalnya: “Ayam geprek dambaan
anak kos yang harganya murah dan mengenyangkan.”
4. 4. Business Partner.
Online. Membuat program Affiliate business
atau Reseller. Digital marketing melalui Instagram, Tiktok, Website, Google for
business (tergantung target konsumen). Mempromosikan melalui iklan di digital
platform.
Offline. Bekerja sama dengan perusahaan media.
Menyebarkan brosur, spanduk, dan baliho.
Written by Fadhilah Luthfi
0 komentar