WAJIB TAHU! Apa saja yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan value bisnis kamu!

19.43.00

Pemasaran adalah sebuah proses yang membuat seseorang mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui hasil dari menawarkan produk kepada pihak lain berupa barang/jasa. Hal terpenting dalam sebuah marketing adalah bukan hanya sales/penjualan, tapi juga value/brand awareness. Untuk membangun sebuah marketing UKM, perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

1.   1. Understanding Product.

Paham tentang produk dan servicenya. Memformulasikan produk yang akan dijual dalam satu kalimat yang menarik.

Mengetahui kompetitive advantage. Mengetahui kelebihan produk yang menjadi sebuah karakter dibandingkan pesaing.

2.   2. Pasar yang Tepat.

Pasar adalah faktor utama bisnis, penentuan pasar yang tepat bisa ditentukan melalui hal-hal berikut; Kompetisi Pesaing, Mengerti pasar, Membaca peluang, dan Pemilihan Lokasi.

3.   3. Defining personal customer.

Segmenting. Membagi konsumen menjadi beberapa segmen berdasarkan personal customer (profesi, umur, interest, hobi, dan motivasi).

Targeting. Setelah mengetahui segmen, maka tentukan target yang dipilih agar tidak boros cost.

Positioning. Memposisikan UKM ke konsumen seperti apa. Ingin dikenal sebagai UKM yang seperti apa. Misalnya: “Ayam geprek dambaan anak kos yang harganya murah dan mengenyangkan.”

4.   4. Business Partner.

Online. Membuat program Affiliate business atau Reseller. Digital marketing melalui Instagram, Tiktok, Website, Google for business (tergantung target konsumen). Mempromosikan melalui iklan di digital platform.

Offline. Bekerja sama dengan perusahaan media. Menyebarkan brosur, spanduk, dan baliho.


Written by Fadhilah Luthfi

You Might Also Like

0 komentar